14 Cara Menjalani Gaya Hidup & Pola Makan yang Sehat

Tubuh dapat dipermisalkan sebuah pabrik besar, dimana di dalam tubuh terjadi berbagai proses yang luar biasa, pada masing-masing bagian tubuh memiliki fungsi dan membentuk sebuah sistem yang saling terkait.

Menjadi hal yang sangat luar biasa jika dijelaskan secara mendetail, sungguh Maha besar Allah yang menjadi sebaik-baik pencipta. Sebagai salah satu wujud dari rasa syukur, maka kita harus menjaga kesehatan tubuh ini.

Penyakit dan ganggguan yang timbul mengakibatkan sistem di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, yang membuat tubuh jatuh sakit. Untuk menghindarinya penting untuk mengatur pola makan dan gaya hidup yang baik.

Dalam permasalahan pola makan, seperti dalam masalah cara diet, maka tidak sedikit orang yang melakukan cara diet yang asal cepat saja prosesnya tanpa memperhatikan kesehatan.

Dimana memang sekarang ini ada banyak cara cepat untuk menurunkan berat badan, seperti melakukan diet dengan menggunakan metode sedot lemak, konsumsi obat untuk menurunkan berat badan.

Melakukan metode ini, ada beberapa resiko kesehatan yang diterima, karena dengan metode menggunakan bahan kimia dapat membahayakan tubuh. Walaupun sukses menurunkan berat badan, tetapi tetap dapat meninggalkan efek samping di kemudian hari.

Buah-buahan Sehat
Buah-buahan Sehat | Sumber gambar: Pixabay.com

Dalam menyikapi masalah yang berhubungan dengan kesehatan tubuh maka tidak boleh main-main, karena dampaknya bisa buruk bagi kesehatan.

Mengatur pola makan dan gaya hidup yang baik
Berikut di bawah ini, salah satu menu pola makan yang baik dan efektif:

1. Pastikan Sarapan Pagi
Saat makan di pagi hari, yaitu pada jam 6 pagi, atau sekitar itu, makanan yang sangat tepat untuk dikonsumsi saat itu adalah keju atau membuat telur (terutama bagian kuning telur).

Lalu makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi dengan menyertakan sayuran seperti brokoli, bayam, sawi dan jenis sayuran hijau.

Dimana kandungan yang terdapat di dalam sayuran amat sangat mendukung program diet bagi yang melakukannya, di dalam sayur terdapat kandungan serat yang sangat baik, salah satunya membantu sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

2. Makan Siang
Pada saat ini menjadi waktu yang paling utama untuk mengkonsumsi masakan berat dibandingkan dengan waktu makan lainnya, tetapi tetap makan sesuai kebutuhan ketika makan siang, jangan berlebihan dalam makan karena tidak sehat.

Kamu dapat mengkonsumsi nasi pada waktu makan siang dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan waktu makan lainnya (yaitu sarapan dan makan malam).

loading...

3. Makan Malam yang Benar
Untuk makan malam perlu menghindari makanan yang berat, tidak seperti di siang hari, karena pada malam hari aktivitas yang dilakukan sudah sangat sedikit, sehingga tidak perlu mengknosumsi banyak makanan.

Di malam hari juga sistem pencernaan terangsang untuk bekerja lebih sedikit dalam mengelola makanan, Kamu dapat mengkonsumsi buah-buahan, atau sayuran, dengan disertai air putih ketika di malam hari.

Makan nasi juga boleh-boleh saja di malam hari, tetapi perlu dibatasi. Jangan sampai berlebihan konsumsi makanan berat dalam jumlah banyak karena berakibat sulit tidur, karena perut terlalu banyak diisi.

4. Ketahui Aktivitas Tubuh
Selain pola makan yang baik, untuk mendapatkan pola hidup yang baik perlu secara rutin melakukan aktivitas olahraga, manfaatnya menyehatkan dan menyegarkan tubuh, efektif untuk membakar lemak berlebihan di dalam tubuh dengan cepat, sehingga berat badan pun dapat turun ke posisi yang ideal.

Hal lainnya yang perlu diketahui agar mendapatkan pola hidup yang sehat, bahwa tubuh melakukan metabolisme dan eksresi dengan metode penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh, dimana proses pada tubuh terbagi ke dalam beberapa fase, yaitu:
  • Jam 21.00-23,00, pada saat ini tubuh akan secara optimal melakukan pembuangan zat-zat tidak berguna dan zar beracun dari dalam tubuh, sehinga pada masa ini perlu dilalui dengan suasana yang tenang, sehingga menjadi waktu yang tidak tepat untuk melakukan banyak aktivitas, dan lebih bagus lagi dalam kondisi tidur. 
  • Jam 23.00-01.00, pada masa ini juga terjadi proses pembuangan racun dari dalam tubuh, untuk nantinya dikeluarkan dari dalam tubuh pada pagi hari nanti, sehingga pada jam seperti ini kondisi seharusnya dalam keadaan tidur pulas 
  • Jam 01.00-03.00, terjadi proses de-toxin (pembuangan racun) khusus di bagian empedu, sehingga pada saat ini tubuh hari dalam kondisi tidur, agar proses ini dapat optomal berjalan. 
  • Jam 03.00-05.00, terjadi proses de-toxin di bagian paru-paru, dimana proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan pada saat ini, dan waku-waktu ini tidak masalah jika dalam keadaan terjaga, karena fase yang utama dan berat dan dilalui pada beberapa jam sebelumnya. 
  • Jam 05.00-07.00, dimana saat ini terjadi proses de-toxin di bagian usus besar, sehingga pada saat ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk buang air kecil maupun buang air besar di kamar mandi 
  • Jam 06.30-08.30, menjadi saat utama penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, dengan begitu waktu-waktu ini menjadi hal yang pas bagi tubuh untuk memperoleh asupan makanan bergizi. Dimana sarapan yang baik yaitu sebelum jam 7.30 untuk Kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh, sehingga dapat beraktivitas maksimal seharian.

5. Jadikan Olahraga Bagian Hidup Anda
Disayangkan orang-orang yang dalam kesehariannya sangat sibuk bekerja sering mengabaikan manfaat dari olahraga yang sebenarnya sangat banyak. Dimana pada pada setiap harinya, disarankan untuk berolahraga selama 15-30 menit (tergantung kondisi).

Dengan berolahraga, maka Anda akan bisa lebih terhindar dari yang namanya sakit. Olahraga juga membuat suasana hati menjadi senang, kalau tidak percaya, silahkan Anda buktikan sendiri?

Olahraga memicu produksi hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat rileks pikiran, olahraga juga akan membantu menghilangkan beban pikiran.

Olahraga dapat menyehatkan jantung. Olahraga yang dilakukan akan bermanfaat membantu organ jantung dalam memompa darah atau mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Olahraga akan mencegah terjadinya obesitas, dimana saat berolahraga maka lemak dan kadar kolesterol di dalam tubuh akan dibakar. Selain itu, metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar.

Dengan olahraga secara rutin, sangat diharapkan agar kualitas tidur meningkat, selain itu juga membuat tidur lebih nyenyak sehingga ketika pagi harinya tubuh sudah fit dan fresh kembali untuk beraktivitas.

Penyebab gangguan pada tidur salah satunya adalah stress, olahraga dapat menurunkan resiko terjadinya stress dan depresi. Olahraga secara rutin akan menyeimbangkan hormon-hormon di dalam tubuh.

Gangguan pada tidur yang sangat sering, meyebabkan masalah yang serius, terutama meningkatnya resiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung.

Olahraga akan memperkuat otot dan juga meningkatkan kelenturan otot. Apabila daya tahan otot bagus dan kuat maka tubuh mampu untuk diajak bekerja berat. Selain itu sistem imun tubuh juga akan meningkat.

Ketika melakukan olahraga maka akan membuat zat antibodi menjadi meningkat. Zat antibodi bekerja untuk membentuk sistem kekebalan tubuh (imun). Dengan sistem imun kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh pun tidak mudah jatuh sakit.

Olahraga yang dilakukan juga bermanfaat untuk membuat kepercayaan diri meningkat, dan mental menjadi lebih kuat, selain itu olahraga juga membuat Anda bisa lebih awet muda.

Paru-paru juga menjadi lebih sehat berkat olahraga, selain itu aliran darah menjadi lebih lancar ke organ otak, hal ini bermanfaat untuk memperkuat daya ingat otak dan juga meningkatkan kecerdasan. Anda juga bisa lebih kuat dalam berkonsentrasi, jika Anda rutin berolahraga.

loading...

6. Hindari Kebiasaan Buruk
Penting untuk menghindari kebiasaan yang buruk, hal ini penting dalam menjalani gaya hidup yang sehat. Anda harus berusaha meghindari hal-hal yang memburukan kondisi kesehatan seperti merokok dan minum-minuman keras / alkohol.

Selain itu, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi manis dan berlemak (hindari jenis makanan junk food). Juga jangan begadang jika tidak perlu-perlu amat. Kalaupun begadang maka tidak boleh dua hari berturut-turut.

7. Biasakan Makan dan Minum dalam Posisi Duduk
Kebiasaan Nabi Muhammad saat makan dan minum adalah dengan posisi duduk. Hal ini juga dijelaskan secara medis, bahwasanya rongga dalam sistem pencernaan mengalami perbedaan ketika dalam keadaan posisi berdiri.

Saat konsumsi makanan dan minuman sambil berdiri, kondisi katub dalam sistem pencernaan tidak sepenuhnya bisa terbuka, hal ini mengakibatkan kerja sistem pencernaan menjadi berat. Konsumsi minuman dan makanan dalam posisi berdiri kurang sehat.

Adapun saat duduk, maka kondisi rongga di dalam sistem pencernaan bisa terbuka dengan maksimal, hal ini memudahkan sistem pencernaan dalam menerima makanan dan minuman, untuk kemudian dicerna.

8. Jalani Hidup dengan Optimis
Perspektif sangatlah bisa mempengaruhi baiknya seseorang dalam menjalani hidup. Penting untuk memiliki jiwa yang penuh optimis, dan hancurkan segala pikiran dan perasaan yang isinya pesimis. Cara lainnya agar tidak pesimis adalah kangan bergaul dengan orang-orang yang pesimis dan mudah mengeluh.

Memiliki jiwa optimis akan menjadikan Anda lebih maju untuk mencapai kesuksesan. Mereka yang optimis akan lebih mampu untuk menghadapi berbagai problematika kehidupan.

Memiliki pikiran yang positif dan optimis dapat membantu menjaga mood Anda agar tetap baik. Selain itu, rasa optimis sangat diperlukan ketika dalam masa yang sulit, sehingga tidak berputus ada.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa memiliki jiwa optimis ternyata berhubungan dengan manfaat kesehatan. Dengan berpikir optimis ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Memiliki pikiran yang optimis juga penting untuk menghindari stress.

9. Menjaga Kebersihan
Tempat yang kotor merupakan tempat merajalelanya perkembangan bakteri dan virus penyebab berbagai macam penyakit. Sehingga penting untuk rajin membersihkan lingkungan Anda berada, termasuk di dalam kamar Anda sendiri. Hal ini sangat ampuh dalam mencegah timbulnya penyakit.

Anda juga harus menjaga kebersihan diri sendiri. Minimal mandi dalam sehari adalah dua kali, selain itu jangan lupa gosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sebelum tidur.

10. Perhatikan Makanan Apa Saja Yang Telah Dikonsumsi
Setiap orang harus mencermati tentang asupan apa saja yang sudah dikonsumsi. Terutama untuk orang yang mengalami problem berat badan ataupun ”terjebak” dalam kebiasaan pola makan yang buruk, maka penting untuk mendata makanan-makanan yang telah dikonsumsi dalam setiap harinya.

Anda perlu mengingat makanan apa yang telah dikonsmsi, kalau bisa buatkan catatannya. Hal ini penting agar sebagai pengingat bagi Anda untuk membatasi atau menghindari konsumsi asupan makanan yang kurang sehat.

11. Usahakan Untuk Terhindar dari Stres
Kehidupan yang katanya di zaman serba modern ini, mengharuskan seseorang untu bekerja berangkat pagi dan pulang pada malam hari. Hal ini menyebabkan resiko timbulnya stres menjadi sangat tinggi. Lebih buruk lagi ketika mengalami masalah pada pekerjaan di kantor, atau pekerjaan di kantor menumpuk.

Apabila tidak dapat melakukan manajemen stres dan emosi dengan baik, akan dapat berakibat buruk. Sehingga diibalik padatnya waktu bekerja, Anda harus menyediakan waktu untuk beristirahat dan merilekskan diri.

Tidak baik jika bekerja terus menerus, Anda haru melakukan istirahat dengan cukup dan juga teratur. Dengan istirahat yang cukup maka sangat penting untuk memiliki tubuh yang sehat dan pikiran yang jernih.

Agar terhindari dari sress, maka jangan memikirkan hal yang tidak-tidak, jangan pula memikirkan hal yang berat, termasuk hindari banyak pikiran. Penting untuk menjalani hidup dengan rileks, serta jangan mengerjakan hal-hal yang memang tidak Anda mampu.

12. Pastikan Minum Air Putih yang Cukup
Tubuh sangat membutuhkan cairan, dimana jika tubuh kekurangan cairan mengakibatkan masalah dehidrasi, yang berimplikasi pada timbulnya penyakit, termasuk bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

Sangat penting bagi Anda untuk memenuhi cairan tubuh yang cukup, dimana jika selama ini Anda kurang minum air putih, maka mulai dari sekarang perbanyak minum air putih.

Pada penelitian yang dilakukan oleh pihak Chicago University, hasil penelitiannya menemukan bahwa orang-orang yang minum minimal 8-10 gelas air dalam sehari, ditemukan mempunyai sistem imun tubuh yang lebih kuat dibandingkan orang yang jarang minum air putih.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting agar tubuh tidak mudah jatuh sakit, terutama dari penyakit “langganan” di musim hujan seperti flu dan demam.

13. Miliki Hobi Kesukaan Anda
Dengan melakukan hobi, maka Anda akan memiliki saat-saat yang menyenangkan untuk menyalukan kemampuan atau kelebihan Anda. Melakukan hobi akan melatih keterampilan dan kekuatan pikiran Anda, selain itu yang juga penting dari memiliki hobi adalah menghindarkan Anda dari stres.

Silahkan menjalani hobi yang memang Anda sukai, perlu diketahui bahwa hobi tidak harus mahal, yang penting hobi tersebut Anda sukai dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

14. Lakukan Ibadah Puasa
Orang Islam sangat dianjurkan untuk melakukan puasa, bukan hanya di waktu bulan Ramadhan, tetapi juga melakukan puasa sunnah. Setidaknya tiga kali dalam sebulan (berdasarkan kalender Hijriah). Atau kalau bisa melakuka puasa di hari Senin dan Kamis.

Secara medis, puasa ternyata memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh, selain itu juga dapat memperbaiki kesehatan psikologis. Ketika berpuasa maka kinerja organ tubuh akan menjadi sangat rileks, jiwa juga menjadi lebih tenang, dan juga bisa lebih terhindar dari emosi dan stress.

Berpuasa bisa meningkatkan neurotropik yang berguna bagi otak agar perkembangan sel-sel otak bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, terjadinya pengurangan kadar hormon kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenal ketika berpuasa, bermanfaat untuk mencegah tingginya resiko stres akibat beban pekerjaan yang padat.

Berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat berpuasa maka terjadi peningkatan kadar HDL dan penurunan kadar LDL (kolesterol jahat). Hal ini sangat penting untuk terjaganya kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Uni Emirat Arab, hasil penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang berpuasa mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Dengan kadar kolesterol jahat yang rendah maka sangat bermafaat untuk menjaga kesehatan jantung agar selalu baik. Hal ini juga sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Berpuasa juga menjadi cara yang sangat ampuh agar bisa memperbaiki gaya hidup dan pola hidup menjadi lebih sehat. Puasa yang dlakukan juga ternyata membuat tubuh mampu secara optimal untuk mengeluarkan racun yang menumpuk dari dalam tubuh.

No comments

Powered by Blogger.